Profil Desa Ngambarsari


Profil Desa Ngambarsari Karangtengah Wonogiri


A. SEJARAH DESA


Profil Desa Ngambarsari
Balai Desa Ngambarsari
Secara geografis Profil Desa Ngambarsari merupakan daerah yang keadaan wilayahnya bergunung-gunung dan berbukit - bukit berada tepat di Kecamatan Karangtengah - Kabupaten Wonogiri - Jawa Tengah. Secara Historis Desa Ngambarsari merupakan pusat gerilyawan para pejuang jaman dahulu seperti Panglima Besar Jenderal Sudirman, yang selama ini di abadikan dengan didirikannya Monumen Panglima Besar Jenderal Sudirman yang terletak di Dusun Pojok Desa Ngambarsari.

Desa Ngambarsari merupakan penggabungan dari 2 (dua) Desa Yaitu :


1. Desa Bulu
2. Desa Pojok

Kemudian kurang lebih tahun 1946 digabungkan jadi satu dengan Kepala Desa yang pertama Bp.YOSO DIPIRO, yang kedua dengan Kepala Desa Bp. MARTOKARYONO, yang ke tiga Bp. SUDARNO, yang keempat adalah Bp. MUJI WIDODO dan yang kelima adalah Ibu Fitri Hanany yang juga merupakan salah satu cucu dari Bpk. Martokaryono Alm. mulai menjabat sebagai Kepala Desa Ngambarsari periode 2012 - 2018 kedepan.

B. KONDISI GEOGRAFIS DAN PEMERINTAHAN UMUM


jalan desa ngambarsari
Desa Ngambarsari berada di Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Desa Ngambarsari merupakan salah satu Desa dari 5 Desa di Kecamatan Karangtengah merupakan bagian wilayah Tenggara dari pusat Pemerintah Kabupaten Wonogiri berada sejauh 71 km. Secara geografis Desa Ngambarsari berada pada pada 7 – 8 derajat lintang selatan (LS) dan 110 – 111 derajat Bujur Timur (BT). 









Desa ini berbatasan dengan Desa Temboro yang bagian utara, dibagian timur Desa Karangtengah, sebelah selatan Desa Jeblogan dan Propinsi Jawa Timur, sedangkan bagian barat Desa Tegiri dan Desa Sendangsari Kecamatan Batuwarno. Memiliki iklim tropis dengan musim penghujan dan kemarau silih berganti setiap enam bulan. Ngambarsari memiliki luas wilayah 1730,3895 Ha, terbagi menjadi : tanah tegalan 1128,1236 Ha, tanah sawah 104,1648 Ha, tanah pekarangan 156,1011 dan tanah Hutan 350 Ha.


Obyek Wisata Selo Belah
Obyek Wisata Selo Belah


Desa Ngambarsari terbagi menjadi limabelas Dusun yaitu: Bawang, Soko, Sambirejo, Sempu, Pojok, Ngambar Wetan, Ngambar Kulon, Godang, Jati, Ngunut, Klepu, Tanggung, Klesem, Bulu dan Nglanjep. Serta terbagi menjadi 34 RT, 15 RW dan 997 KK dengan jumlah penduduk 4759 jiwa, L :2387 Jiwa, P :2372 JiwaTerperinci menjadi PNS :6 Jiwa Petani :3446 Jiwa, Buruh :303 Jiwa, Pensiunan :4 Jiwa, Wiraswasta :28 Jiwa.




Berdasarkan Topografi wilayah, kondisi Desa Ngambarsari bergunung-gunung dengan ketinggian 681 meter dari permukaan air laut yang merupakan Daerah Aliran Sungai Bengawan Solo hulu dan cukup rawan terhadap erosi tanah karena banyak dijumapi lereng-lereng terjal dengan kemiringan cukup tinggi.

Dengan Kondisi daerah Pegunungan dan Perbukitan yang memanjang dan mengelilingi daerah Desa Ngambarsari. Desa Ngambarsari juga diapit beberapa Gunung Besar, diantaranya Gunung Gede.

Desa Ngambarsari juga dilalui beberapa aliran sungai diantaranya sungai Petung, Wates, dan daerah Kajoran.

C. POTENSI DESA

Desa Ngambarsari memiliki beberapa potensi yang dapat mendukung pembangunan. Potensi tersebut dapat kami sebutkan sebagai berikut :

1. Sumber Daya Manusia

Penduduk Desa Ngambarsari sampai saat ini memiliki tingkat pendidikan antara lain :

>. Tamat SD :2294 Jiwa

>. Tamat SLTP :574 Jiwa

>. Tamat SMA :252 Jiwa

>. Tamat Perguruan Tinggi :8 Jiwa

Demikian gambaran tingkat pendidikan penduduk Desa Ngambarsari yang merupakan potensi Desa dalam pelaksanaan pembangunan. Selain itu perlu kami jelaskan bahwa sebagian besar penduduk sudah bebas Tiga Buta artinya bisa baca dan tulis.

2. Sumber Daya Alam

Desa Ngambarsari memiliki banyak sekali sumber daya alam yang dapat menunjang kehidupan dan mendukung pelaksanaan pembangunan. Potensi tersebut anatara lain adalah:
  • Lahan Tegalan :1128,1236 Ha
  • Lahan Persawahan :104,4648 Ha
  • Lahan Hutan :350 Ha
  • Sungai :1,8124 Ha
  • Tanaman Perkebunan : Cengkeh, Lada, Kopi, Panili, Empon-empon
  • Tanaman Holtikultura : Melinjo, Nanas, Pisang, Pepaya Durian, Jeruk, Mangga, dan Rambutan.
  • Hewan Ternak :Sapi, Kerbau, Kambing, Domba, Ayam, Itik dan Burung.

3. Sumber Daya Ekonomi

Usaha ekonomi penduduk Desa Ngambarsari yang merupakan sumber penghasilan mereka menjadi potensi yang dapat mempercepat laju pembangunan antara lain :
  • Bidang Pertanian :3446 Jiwa
  • Dagang :58 Jiwa
  • Jasa :28 Jiwa
  • Industri :873 Jiwa
Desa Ngambarsari mempunyai berbagai hasil pertanian dan perkebunan. Disektor pertanian diantaranya: umbi pohon/singkong, padi, kacang, jagung dan kedelai. Disektor perkebunan diantaranya: mrica/lada, cengkeh.


Kebun Merica Ngambarsari
Kebun Merica

Penduduk desa Ngambarsari mayoritas bermata pencaharian petani, selain bertani masyarakatnya mempunyai kerja sampingan, beternak baik beternak kambing maupun sapi, selain itu juga ada yang membuat batu bata, genteng, batu koral, dan anyaman-anyaman. Hasilnyapun banyak desa tetangga yg mengunakannya. Beberapa warga yang lainnya bekerja sebagai pedagang, sopir, buruh, dan pegawai administratif (Pamong Desa ataupun Guru).

Penduduk desa Ngambarsari selain bekerja di desanya ada juga yg merantau ke kota. Mereka bekerja diberbagai bidang diantaranya bidang jasa, perdagangan,pertambangan dan manufactur/pabrik.

Di desa Ngambarsari hampir 90 persen peduduknya sudah mempunyai tempat tinggal permanen(omah tembok) dan sudah 100 persen desanya dialiri listrik. 85 pesen punya alat hiburan sendiri(tv, radio, dvd/tape, dll).

Mengenang era Perjuangan, Ngambarsari juga dijadikan basis perjuangan, bahkan Panglima Besar Jendral Soedirman pernah singgah di daerah Pojok pada waktu Perang Gerilya silam. Terbukti masih adanya Situs Monumen Patung Sang Jendral, yang msh berdiri tegak meskipun masih perlu adanya perawatan pihak Pemerintah.


Namun sangat disayangkan, walaupun sebagai salah satu daerah historis perjuangan pahlawan. Pembangunan Desa Ngambarsari masih belum signifikan. Masih banyak hal2 yang diperhatikan Pemda Wonogiri.

Jalan Desa Ngambarsari
Jalan Desa yang mulai rusak



Salah satu pembangunan yang terus diusulkan dari tahun ke tahun adalah pembangunan Jalan utama Desa Ngambarsari. Meskipun telah ada pembangunan jalan namun masih perlu adanya perbaikan untuk yang lebih baik.

4. Sumber Daya Sosial Budaya


Gotong-royong, Sopan-santun, Tata karma, Adat Istiadat dan agama masih menyatu dan bahkan berkembang di kehidupan masyarakat. Hal ini menjadi potensi desa yang dapat menyelaraskan dan menyeimbangkan pembangunan di segala bidang. Selain itu banyak sumber daya sosial budaya yang dimiliki Desa Ngambarsari yang dapat dikembangkan sebagai potensi yang baik bagi pembangunan antara lain sbb:

>. Paguyuban

>. Kelompok Kesenian :

@. Karawitan :3 Kelompok

@. Campursari :1 Kelompok

@. Wayang Kulit :1 Kelompok

>. Pendidikan Keagamaan

@. TPQ/TPA :4 Kelompok

@. Pengajian Rutin


5. Sumber Daya Pariwisata

Objek Wisata Siti Hinggil Selo Belah
Pendopo Selo Belah

Meskipun Desa Ngambarsari berada di daerah terpencil dan pegunungan tapi banyak potensi Wisata yang ada didalamnya, salah satunya Objek Wisata Siti Hinggil Selo Belah yang kini menjadi andalan daya tarik Wisata Desa Ngambarsari.

Objek Wisata lainnya yang tidak kalah menariknya adalah Monumen Sejarah Patung Jendral Soedirman, yang mana masih perlu menjadi perhatian Pemda Wonogiri.

Bagi yang berhobi petualangan, mungkin dapat mencoba melakukan pendakian Gunung Gede. Yang mana dari Gunung ini kita dapat melihat salah satu keindahan Alam yang menakjubkan. Seluruh daerah Wonogiri dan daerah Pacitan dapat kita lihat dari Gunung ini.

Itulah sedikit uraian profil Desa Ngambarsari, semoga memberikan dorongan buat Sobat Agan dan tjah sekalian untuk berkunjung ke Desa kami, Desa Ngambarsari Karangtengah Wonogiri. Terima kasih.

Enhanced by Zemanta
Monggo Dikomen Ngangge Facebook Sampeyan :


0 komentar: