Pembangunan Masjid Nur Rohmah

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, Nasa‘i dan Ahmad, Rasullulah SAW bersabda bahwa apabila seorang manusia meninggal dunia maka putuslah amalnya, kecuali tiga hal yaitu shodaqoh jariyah, anak shalih yang mendo’akannya dan ilmu yang bermanfaat sesudahnya. Semoga dengan adanya sarana ibadah ini, masyarakat muslim di Godang Ngambarsari dapat merealisasikan kehidupan sebagai seorang muslim yang selalu bertaqwa kepada Allah SWT, berbakti kepada orang tuanya, menghormati dan menyayangi antar sesama manusia, memberikan manfaat bagi komunitas di sekitarnya dan memanfaatkan masjid sebagai tempat belajar dan mengajarkan Al Qur’an.

”Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.”
(QS. At-Taubah, 9:18)

Hadits riwayat Usman bin Affan ra: ”Barang siapa yang membangun sebuah masjid karena mengharapkan keridhaan Allah SWT, maka Allah akan membangun untuknya sebuah rumah di surga. (H.R Bukhari dan Muslim)

“Siapakah yang mau meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, maka Allah akan melipat-gandakan pinjaman itu untuknya, dan dia akan memperoleh pahala yang banyak. (yaitu) pada hari ketika kamu melihat orang mu’min laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, (dikatakan kepada meraka): Pada hari ini ada berita gembira untukmu, (yaitu) syurga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, yang kamu kekal di dalamnya. Itulah keberuntungan yang besar.” (QS. Al-Hadiid, 57:11-12)

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah, 2:261)



Pendirian sebuah masjid adalah untuk menghidupkan fungsi utamanya sebagai titik pusat kegiatan Islami bagi masyarakat yang tinggal di lingkungan sekitarnya, khususnya shalat Jum’at dan shalat fardhu berjamaah dan kegiatan Islam lainnya seperti membaca Al Qur’an, belajar-mengajar, bermusyawarah dan semua kegiatan dalam rangka kemaslahatan umat.

Dusun Godang, Desa Ngambarsari merupakan pusat Administratif Desa Ngambarsari, yang berpenduduk sekitar ... jiwa dengan ..... kepala keluarga.  Dan tercatat Hampir 100 % penduduknya memeluk agama Islam. Di sinilah terlihat peran penting dan kebutuhan atas pembangunan masjid yang permanen di dusun Godang Ngambarsari sebagai pusat dakwah dan tempat ibadah. Saat ini, memang telah ada dan berdiri Masjid Nur Rohmah di Godang, namun masih membutuhkan perbaikan dan pembangunan di sana  sini.

Sebagai komunitas yang berasal dari bangsa yang percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa maka  kebutuhan untuk mempelajari agama dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dirasakan oleh sebagian besar komunitas muslim di Ngambarsari, kususnya Dusun Godang. Hal ini dapat dilihat dari beberapa kegiatan keagamaan yang telah diselenggarakan secara rutin, baik yang bersifat individu maupun kelompok, diantaranya:
  1. Pengajian Rutin
  2. Taman Pendidikan Alqur’an Mingguan untuk anak-anak dan remaja dengan jumlah peserta >20 orang
  3. Sholat Jum’at dan Tarawih dengan rata-rata jumlah jama’ah >50 orang
  4. Perayaan hari-hari besar Islam, seperti: Muharram, Ramadhan, Idul Fitri, Idul Adha, dan lain-lain
  5. Pengumpulan dan penyaluran Zakat dan hewan kurban
Pada tahun ini, masyarakat dusun Godang Ngambarsari bermaksud untuk memperbaiki dan membangun kembali Masjid Nur Rohmah. Dengan tujuan, pembangunan dan perbaikan masjid ini diharapkan akan:
  1. Menjadi pusat kegiatan keagamaan masyarakat muslim di Godang dan sekitarnya, dan Ngambarsari pada umumnya.
  2. Menjadi pusat pendidikan Al Qur’an anak-anak dan remaja melalui program Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA).
  3. Menjadi pusat pendidikan agama Islam melalui pengajian-pengajian rutin mingguan atau bulanan, kegiatan selama Ramadhan, dan sebagainya.
  4. Menjadi pusat perpustakaan dan literatur ke-Islaman serta kajian-kajian umum & keagamaan.
  5. Sebagai sarana silaturahim dan saling kenal sesama warga.
  6. Sebagai sarana untuk kegiatan rutin sholat lima waktu.
  7. Turut memperkenalkan Ngambarsari kepada komunitas KarangTengah dan Wonogiri serta komunitas Global , baik melalui jalinan kerjasama maupun melalui ragam kegiatan yang dilaksanakan.
  8. Turut memfasilitasi kegiatan olahraga Islami agar jamaahnya sehat secara rohani dan jasmani.

Pendirian masjid adalah pendirian rumah Allah SWT, dan hanya bisa dilakukan atas kehendak-Nya dan dilakukan secara bersama-sama dikarenakan kecintaan kita dan rasa syukur kita kepada-Nya. Mari, melalui Blog ini, kami mengajak kepedulian anda untuk menyumbangkan sedikit rejekinya di jalan Allah dengan ikut berpartisipasi dalam Renovasi dan pembangunan Masjid ini. Smoga harta yang kita sumbangkan ini menjadi tambahan sangu kita di akhirat kelak, Amiin. Kepada Allah SWT semua urusan dikembalikan dan semoga Allah SWT meridhoi kita semua. Amin, amin ya robbal ‘alamiin.
Monggo Dikomen Ngangge Facebook Sampeyan :