Kiprah Ngambarsari di Lokakarya SID Kab. Wonogiri | Kumpulan Tjah Ngambarsari

Kamis, 03 November 2016

Kiprah Ngambarsari di Lokakarya SID Kab. Wonogiri

Kiprah Ngambarsari di Lokakarya SID Kab. Wonogiri


Sobat KTN yang budiman, Kamis, 3 November 2016, Ngambarsari ditunjuk menjadi salah satu Desa percontohan penerapan SID dalam Lokakarya SID se-Kab. wonogiri. Sistem Informasi Desa (SID) menjadi bagian tak terpisahkan dari pembangunan desa dan pembangunan kawasan perdesaan. Dengan adanya perubahan paradigma pembangunan desa membuat SID menjadi penting peranannya. Karena itu, perlu dikembangkan SID yang sesuai dengan visi UU Desa yakni menjadikan desa kuat, mandiri, sejahtera, dan demokratis. Oleh karenanya, SID diatur secara khusus dalam UU Desa melalui Pasal 86.


Dalam UU No. 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah dan PP No. 72/2005 tentang Desa memang diatur secara khusus tentang sistem informasi serupa SID. Undang-Undang Desa ini ingin menegaskan pentingnya SID dalam perencanaan dan pembangunan desa, karena itu dalam Pasal 86 ayat (2) dan ayat (5) mewajibkan kepada Pemerintah dan Pemda untuk mengembangkan SID, dan pengelolaannya dilakukan oleh Pemerintah Desa agar dapat diakses oleh masyarakat desa dan pemangku kepentingan lainnya.




Maka oleh karena itu, kegiatan Lokakarya SID ini sangat penting untuk mengedukasi Desa2 akan pentingnya suatu sistem informasi desa yang memuat informasi pembangunan perdesaan berupa informasi publik yang sifatnya umum, terbuka, dan bertanggungjawab disampaikan kepada masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.





Dalam kegiatan Lokakarya SID se-Kab. wonogiri kali ini diikuti peserta dari 9 Desa dan 1 Kelurahan dari Kec. Ngadirojo, serta 1 Desa dari Kec. Eromoko. Kegiatan ini juga didampingi dari Dinas Hubkominfo, Dinas Disdukcapil, Bapermas, Camat se-Kab. Wonogiri dan Pemdes.




Adapun susunan Acara Lokakarya sendiri diawali oleh Bpk. Heru Nur Iswantoro sebagai pengantar Lokakarya SID. Kemudian acara dilanjutkan oleh Ibu Fitri Hanany selaku Kepala Desa Ngambarsari yang memamparkan perkembangan penerapan SID di lingkup Desa Ngambarsari, serta sejarah awal penerapan Media Online sebagai basis Informasi Desa di Ngambarsari selama 5 tahun terakhir.



Pembicara ketiga diisi dari Tim Combine Research institute (CRI) Yogyakarta selaku nara sumber Tim ahli aplikasi SID.  Dimana tim CRI inilah yang mengembangkan aplikasi SID yang kemudian dibagikan secara gratis untuk diterapkan di Desa2 SID. 


Pembicara ke-4 diisi oleh Bpk. Zakariya, akil dari KORDA Jawa Tengah memaparkan tentang Program SAPA kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Acara ini kemudian ditutup dengan imbal balik dari Audience dan jawaban dari Dinas terkait.

Dengan adanya pelatihan Lokarya SID se-Kab. wonogiri, peserta diharapkan bisa menyerap informasi yang dipaparkan dan dapat segera menerapkan di lingkup Desa masing2.

Description: Kiprah Ngambarsari di Lokakarya SID Kab. Wonogiri Rating: 5.0 Reviewer: Ngambarsari Dunia Maya ItemReviewed: Kiprah Ngambarsari di Lokakarya SID Kab. Wonogiri

Baca ini juga :

Monggo Dikomen Ngangge Facebook Sampeyan :


0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...