TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ngambarsari 2015 | Kumpulan Tjah Ngambarsari

Rabu, 27 Mei 2015

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ngambarsari 2015

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ngambarsari 2015


Sobat KTN yang budiman. Pada bulan Mei 2015 ini, Desa Ngambarsari terpilih sebagai salah satu Desa yang mendapatkan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). TMMD merupakan salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana. Sebelumnya Program ini dikenal sebagai Pogram ABRI Masuk Desa (AMD).





Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I TA. 2015 Kodim 0728/Wonogiri sendiri dibuka pada tanggal 7 Mei 2015. Bertindak sebagai Irup Komandan Kodim 0728/Wonogiri Letkol Inf Mirza Eka Junaidi. Upacara dengan pejabat Paup Kapten Inf Budi Utama (Pasipers) sedangkan Danup dijabat Danramil-09/Giritontro Kapten Inf Basuki. Peserta upacara + 475 orang terdiri 4 Kompi : 
Kompi-I Ru Korsik, Kompi-I : Gabungan TNI/Polri
Kompi-II : Gabungan Perangkat Desa dan Ormas MTA
Kompi-III : Gabungan Osis dan Pramuka SLTP
Kompi-IV :  Pramuka pelajar SD. 

Upacara dihadiri Tamu undangan diantaranya : Muspida Plus beserta ibu, Kadisjan/Instansi Kab. Wonogiri, Camat dan Kapolsek sedistrik Baturetno, Pengurus PPAD Kab. Wonogiri, Direktur RSUD, Direktur Perbankan, Danramil jajaran Kodim 0728/Wonogiri beserta Ibu, Ketua Persit Cab. XLIX dan pengurus, anggota Bhayangkari Polsek Karangtengah dan Kades se Kec. Karangtengah beserta ibu serta tamu Undangan lainnya.

Tema TMMD tahun 2015 ini adalah “Dengan Semangat Kemanunggalan TNI, POLRI, Kementrian, Lembaga Pemerintah Non Kementrian, Pemerintah Daerah dan Seluruh Komponen Bangsa Lainnya, Kita Laksanakan Percepatan Pembangunan Melalui Program TNIManunggal Membangun Desa Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Pedesaan”. 

Selesai upacara disajikan kesenian Tari Merak yang disajikan Guru Paud Desa Ngambarsari, juga sajian Marching Band “Adji Saka” dari SMPN-1 Karangtengah dengan Pembina Siswanto dan dilanjutkan penanaman penghijauan disekitar tempat upacara oleh Muspida Kab. Wonogiri. Rangkaian upacara selesai dilanjutkan ramah tamah dan peninjauan sasaran TMMD oleh Muspida menggunakan sepeda motor Trail, mengingat lokasi sasaran melalu jalur jalan naik turun yang belum dapat dilalui kendaraan roda-4.

Sedangkan Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap I TA. 2015 Kodim 0728/Wonogiri sendiri, ditutup pada tanggal 27 Mei 2015. Upacara yang dipimpin langsung oleh Bupati Wonogiri H. Danar Rahmanto, dihadiri oleh Komandan Kodim 0728/Wonogiri Letkol Inf. Mirza Eka Junaidi, Wakil Bupati Yuli Handoko, SE, Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Wonogiri, dan tamu undangan dari dinas terkait dan masyarakat yang terlibat langsung dalam TMMD Sengkuyung kali ini.Sajian Drumband dari SMPN 1 Karangtengah.dan sajian Reog ”Singo Yudo” Ploso Punung.

Kemudian Pemberian bantuan dari Pemkab Wonogiri kepada Pememrintah Kec. Karangtengah secara simbolis berupa:
  • Bantuan keuangan pembangunan Infrasruktur pedesaan untuk 5 Desa  se Kecamatan Karangtengah sebesar Rp. 605.000.000
  • Bantuan BOS sebesar Rp. 143 .560.000
  • Bantuan operasional Posyandu untuk 5 Desa sebesar Rp. 47.250.000
  • Sarana prasarana jalan Karangtengah Purworejo sebesar Rp. 600.000.000
  • Pemeliharaan berkala irigasi sebesar 72.300.000
  • Kegiatan padat karya sebesar Rp. 50.000.000
  • Fasilitas P2TP2A sebesar Rp. 1.000.000
  • Pemberdayaan Poskampling sebesar Rp. 9.000.000
  • Alat olahraga sebesar Rp. 1.500.000








Acara dilanjtkan ramah tamah dan peninjauan Pengobatan gratis oleh Puskesmas  Kec. Karangtengah bertempatdirumah Sutrisno Dusun Ngambar Kulon Rtqi/VII Ds. Ngambarsari dengan hasil sebanyak 206 orang/pasien dengan keluhan (Sakit Gigi, Hipertensi, gatal-gatal, Pegel linu, Batuk), kemudian peresmian hasil TMMD di pengerasan jalan makadam ditandai pengguntingan untaian melati oleh Bupati Wonogiri didampingi Forum Komunikasi Daerah Wonogiri, dilanjutkan peninjauan  hasil TTMD. Sengkuyung Tahap - I TA. 2015.





Pada Program TMMD kali ini, Desa Ngambarsari didapuk sebagai pembuka TMMD Sengkuyung Tahap I TA. 2015 Kodim 0728/Wonogiri. Kegiatan ini sendiri telah berlangsung dari tanggal 7 Mei 2015 hingga 27 Mei 2015 di Desa Ngambarsari kecamatan Karang-tengah. Dan telah menghasilkan 100 % semua sasaran yang dicanangkan. 











Dalam laporannya, Kapten Infantri Tono selaku Pasiter Kodim 0728/Wonogiri sebagai penanggungjawab kegiatan menjelaskan, dana yang digunakan berasal dari APBD Propinsi Jawa Tengah dan APBD Kabupaten Wonogiri sebesar Rp.205.000.000 dan swadaya masyarakat sebesar Rp.15.000.000. Rinciannya telah menghasilkan sarana fisik berupa pengerasan jalan makadam sepanjang 2.000 m, pembangunan talud jalan sepanjang 25 m, pembangunan buk deker sebanyak 3 buah, pembangunan 1 unit pos kamling, rehab masjid dan pembangunan tempat wudhu dan peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni sebanyak 15 unit.

Gubernur jawa tengah, H. Ganjar Pranowo melalui sambutannya yang dibacakan Bupati Wonogiri, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada jajaran Kodam IV/Diponegoro, POLRI, dan masyarakat. “Atas nama pemerintah Provinsi Jawa Tengah, saya sampaikan Terima Kasih kepada jajaran Kodam IV/Diponegoro, POLRI dan masyarakat yang telah dengan penuh semangat membangun daerahnya masing-masing.” tegas Gubernur.

Gubernur juga menambahkan, agar seluruh masyarakat dapat menjaga, memelihara dan mengembangkan hasil pembangunan yang telah direalisasi melalui kegiatan TMMD. “Selanjutnya kepada Saudaraku masyarakat Jawa Tengah saya minta dapat ikut menjaga, memelihara dan mengembangkan hasil pembangunan yang telah direalisasi melalui kegiatan TMMD ini, agar lebih berdayaguna dan berhasilguna untuk mendukung aktivitas ekonomi dan sosial masyarakat.” tambahnya.



Description: TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ngambarsari 2015 Rating: 5.0 Reviewer: Ngambarsari Dunia Maya ItemReviewed: TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ngambarsari 2015

Baca ini juga :

Monggo Dikomen Ngangge Facebook Sampeyan :


0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...