Tips Membuat Sarapan Sehat | Kumpulan Tjah Ngambarsari

Rabu, 18 Januari 2012

Tips Membuat Sarapan Sehat


Tips Membuat Sarapan Sehat


Seringkah anda tidak membuat sarapan sehat ?
Apakah anda merasa mengantuk pada jam 9-10 pagi dan jam 4-5 sore ?
Jadi setelah sarapan pagi, anda merasa mengantuk ?
Anda kecanduan minum kopi lebih dari 3 gelas sehari ?
Anda sudah makan 1x sehari tapi Anda masih susah untuk langsing ?
Apakah dokter telah memvonis bahwa anda mengalami sindrom metabolik ?
Apakah anda sulit untuk memulai pola hidup sehat ?
Anda mengalami badan pegal dan capek setelah bangun tidur ?
Anda ingin menjalankan diet sehat dengan manajemen makan sendiri ?
Berat badan anda normal, namun perut buncit dan kolesterol tinggi ?
Haid tidak teratur dan tidak bisa mengendalikan nafsu ngemil ?
Anda pasangan suami istri yang menjalankan pola makan kurang baik sehingga berpengaruh pada kualitas kesuburan anda ?

Jika ada satu ato lebih pertanyaan di atas yang anda alami, berarti anda harus memperbaiki menu sarapan pagi anda dan harus mencari tips membuat sarapan sehat. Kualitas nutrisi dalam menu sarapan anda haruslah lebih baik. Menu sarapan adalah menu terpenting dalam rangkaian pola makan anda dalam sehari. Jangan karena habis bergadang nonton bola ato kemaren ada kejadian Gerhana Bulan Total 10 Desember 2011 terus akhirnya molor tidur sampai siang tanpa membuat sarapan yang sehat.

Sarapan pagi bukan semata memasukkan makanan ke mulut sebagai pengganjal perut, atau memasukan bahan bakar untuk dipakai bekerja, tetapi sarapan adalah memasukan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh kita tetapi tidak merusak organ tubuh lainnya. Pankreaslah yang mengatur semuanya! Pankreas adalah organ di badan kita yang memproduksi Gastric Juice dan Insulin.

Sarapan pagi seperti halnya kita menyiapkan air radiator mobil dan lainnya untuk kita bisa gunakan bekerja seharian. Sarapan pagi sangat berguna untuk mengganti kebutuhan sel akan nutrisi yang hilang setelah istirahat malam. Menu sarapan sehat sangat berpengaruh pada tingkat besar metabolisme anda. 

Sudakah Anda tahu Pentingnya Membuat Sarapan Sehat Kaya Nutrisi ?

Menu sarapan sehat dapat membantu kita menurunkan berat badan, resiko diabetes, maag, kolesterol, penyakit jantung dan stroke. Menu sarapan tersebut mengandung serat dan protein yang cukup, vitamin dan mineral yang seimbang.

Sebuah penelitian menunjukkan mereka yang rutin sarapan pagi yang tepat memiliki berat badan yang lebih ideal ketimbang mereka yang melewatkan menu sarapan pagi.

Harvard men's health menyatakan bahwa mereka yang tidak sarapan pagi, memiliki resiko obesitas 4x lipat ketimbang mereka yang sarapan pagi dengan menu yang kurang tepat.

Makanan sarapan berserat tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan, bahkan dapat menurunkan resiko berbagai penyakit termasuk polip usus dan kanker kolon.

Sarapan sehat di pagi hari memberi kekuatan metabolisme setelah sepanjang malam. Sarapan pagi berguna untuk mengganti waktu malam yang tak terisi makanan dan meambah kebutuhan gula anda. Di pagi hari, setelah anda berhenti makan selama 12 jam, zat gula dalam tubuh akan turn ketingkat yang paling rendah. Saat ini terjadi, tubuh anda menggantinya dengan melepaskan zat gula yang tertimbun di lapisan otot dan liver, yang disebut glikogen.

Pada saat kita bangun tidur, tubuh kita menuntut sekitar 114 macam nutrisi untuk masuk ke dalam tubuh kita memenuhi kebutuhan sel-sel tubuh kita.

Tubuh kita tersusun kira-kira 100 trilyun sel, yang semuanya membutuhkan makan di pagi hari setelah semalaman bekerja untuk memperbaiki diri dan detoksifikasi alami tubuh.

Sarapan sehat yang kaya nutrisi penting untuk bahan bakar otak, sarapan sehat adalah rahasia hidup sehat, sarapan sehat juga berguna untuk memberikan "mood" yang baik sepanjang hari.

Sarapan sehat sangat berguna untuk memperbaiki memori. Penelitian terakhir membuktikan bahwa tidur semalaman dapat membuat otak kita kelaparan. Jika kita tidak mendapatkan glukosa yang cukup pada saat sarapan, maka fungsi otak atau memori dapat terganggu.

Sarapan sehat menyediakan proporsi nutrisi yang signifikan untuk kebutuhan sepanjang hari. Makanan yang dikonsumsi saat sarapan mampu menahan lemak dan kalori tinggi dari makanan sepanjang hari.

Sarapan sehat yang baik akan membantu anda mengontrol rasa lapar yang berlebih, dimana ini dapat mencegah anda makan berlebihan di siang hari.

Sarapan sehat berguna untuk penurunan berat badan. Selama tidur tubuh ada puasa sepanjang malam, dan di pagi hari anda berada dalam tahap pertama merasa lapar. Melewatkan sarapan membuat tubuh anda tetap "dalam kelaparan", sedangkan memberikan sarapan yang bernutrisi akan meningkatkan metabolisme. Sarapan makanan sehat akan mampu meningkatkan kemampuan pembakaran lemak di dalam tubuh anda.

Sarapan sehat juga berguna bagi anda pasangan suami-istri yang mengalami gangguan kesuburan dikarenakan pola makan dan gaya hidup anda yang kurang baik. Sarapan sehat ini bisa membantu anda dalam hal terapi kesuburan dengan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh sehingga tubuh anda dalam keadaan yang sehat dan bugar. Tercukupinya vitamin B kompleks, vit D, vit C, vit E, asam folat, selenium, zinc, asam amino essensial dan beberapa mineral penting lainnya di pagi hari sangat membantu mengembalikan kualitas kebugaran dan kesehatan tubuh anda, yang akan menciptakan sel telur dan sperma yang berkualitas.


Dua Jenis Tips Membuat Sarapan Yang Buruk dan Jelek Efek Sampingnya
Terlalu banyak Karbohidrat

Di pagi hari (jam 6-7 pagi), karbohidrat simple/sederhana seperti nasi, roti putih, mie, roti panggang akan menyebabkan kenaikan level gula darah yang mendadak, yang menyebabkan tubuh melepaskan insuliln yang cukup besar. Hasilnya adalah penurunan tingkat gula darah (karena habis terpakai dalam) darah yang terjadi sekitar jam 10-11 siang dan keinginan untuk makan lebih banyak lagi karbohidrat. Kemudian pada jam 12-13 anda makan siang, gula darah anda kembali naik drastis dikarenakan untuk mencerna nasi maka pankreas terpaksa harus memproduksi insulin lebih banyak lagi. Tubuh kemudian kecapean dan gula darah menurun pada jam 4-5 sore, pada jam ini anda merasa lapar lagi dan ingin ngemil sesuatu yang berlemak tinggi. pada malam hari anda mengkonsumsi nasi lagi dan menyebabkan kadar gula darah naik kembali secara drastis. begitulah seterusnya yang akhirnya menurunkan tingkat metabolisme anda. Sehingga bangun tidur anda terasa pegal atau BAB tidak teratur, dll. kedua hal tersebut adalah beberapa hal akibat turunnya tingkat metabolisme tubuh kita.


Bagaimana bila kita Tidak Membuat Sarapan Pagi

Saat anda tidak sarapan, gula darah di pagi hari (jam 6-7 pagi) akan turun drastis di bawah normal. Anda akan merasa kelaparan dan penurunan tingkat energi. Anda akan tergiur untuk mengkonsumsi karbohidrat simple/sederhana pada jam 9-11 siang, akibatnya level gula darah anda naik drastis. pada jam 12-13 anda makan siang dan gula darah semakin naik. Tubuh mengalami kecapean kerja pada jam 3-4 sore, anda mulai mengantuk dan gula darah anda turun, begitulah seterusnya siklusnya sehingga pada malam hari kadar gula darah anda justru akan menurun. Jika begini, anda akan mudah terbangun dimalam hari dan merasa lapar atau anda bermimpi/tidur tidak nyenyak. Hal ini juga salah satu tanda menurunnya tingkat metabolisme tubuh.

Apa Menu Sarapan Pagi Anda Sobat Ngambarsari?

Seporsi lontong sayur 420 gram ? Kalorinya: 391 kalori
1 buah roti keju ? Kalorinya: 186 kalori
Gado-gado lontong ? Kalorinya: 488 kalori
Nasi rames ? Kalorinya: 680 kalori
Nasi soto ayam ? Kalorinya: 596 kalori
Seporsi nasi ayam goreng ? Kalorinya: 572 kalori
Mie kuah ? Kalorinya: 303 kalori
Bubur ketan hitam + santan ? Kalorinya: 408 kalori
Bakpao 1 buah ? Kalorinya: 246 kalori

Anda tahu....umumnya wanita hanya butuh 1500 - 2000 kalori sehari. Pria butuh 2000 - 2500 kalori sehari. Sarapan di atas belum termasuk minuman manis, softdrink, ngemil kue/biskuit, jajan bareng temen, makan siang dan makan malam. Cobalah hitung perkiraan kalori makanan anda dalam sehari.......?!

Kriteria Membuat Sarapan Sehat

Sobat Ngambarsari, Sarapan pagi yang mengenyangkan dan menyehatkan adalah :
Membuat Sarapan Sehat Cukup nutrisi, vitamin dan mineral
Sarapan Sehat cukup Protein dan asam amino
Sarapan Sehat harus cukup karbohidrat kompleks (bukan karbohidrat nasi)
Membuat Sarapan Sehat musti Cukup lemak baik
Cukup air putih
Sarapan seperti ini akan mencuplai tubuh kita nutrisi yang diperlukan sel tubuh, bukan sekedar lambung kita kenyang. Mendapatkan energi tanpa harus menaikkan hormon insulin dan menaikkan kadar gula darah setelah makan. Sarapan seperti ini menghindarkan kita dari ketergantungan terhadap karbohidrat simple (contoh: kalo gak makan nasi maka belum mantep dan belum dikatakan makan).
Dengan cara ini kita lebih bisa mengontrol nafsu makan kita seharian penuh. Keinginan ngemil pun akan berkurang. Sehingga tubuh akan memanfaatkan cadangan lemak dan gula dalam tubuh untuk dibakar menjadi energi dan sumber energi.

Sarapan sehat akan memenuhi kebutuhan nutrisi sel tubuh kita selama seharian.
Sarapan sehat membantu mendapatkan energi yang baik sepanjang hari.
Sarapan sehat membantu tubuh kita mendapatkan air yang baik.
Sarapan sehat membantu menjaga gula darah kita tetap normal sepanjang hari.]
Sarapan sehat membantu mendapatkan "mood" kerja kita dan mendapatkan konsentrasi kerja.
Sarapan sehat membantu mendapatkan tingkat kebugaran tubuh sepanjang hari.

Itu sedikit saran dari Kumpulan Tjah Ngambarsari tentang Tips Membuat Sarapan Sehat, semoga bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita tetap terus sehat. Apabila sobat KTN sakit bisa kiranya datang di acara Pengobatan Gratis di Pojok Terima kasih.


Description: Tips Membuat Sarapan Sehat Rating: 5.0 Reviewer: Ngambarsari Dunia Maya ItemReviewed: Tips Membuat Sarapan Sehat

Baca ini juga :

Monggo Dikomen Ngangge Facebook Sampeyan :


0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...