SWAMEDIKASI TANAMAN OBAT KELUARGA | Kumpulan Tjah Ngambarsari

Jumat, 05 November 2010

SWAMEDIKASI TANAMAN OBAT KELUARGA

SWAMEDIKASI TANAMAN OBAT KELUARGA
Tanaman Obat

Swamedikasi merupakan metode untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menolong dirinya sendiri. Jadi Swamedikasi Tanaman Obat Keluarga dalam artikel ini dimaksudkan agar pengobatan sendiri bisa dilakukan masyarakat untuk menangani penyakit-penyakit ringan dengan menggunakan obat-obat maupun tanaman yang di rumah (TOGA/ tanaman obat keluarga).
Berikut beberapa contoh tanaman obat keluarga yang dapat di budidayakan di kawasan Desa Ngambarsari Kecamatan Karang Tengah Kabupaten wonogiri, yang mungkin bisa menjadi alternatif usaha di Desa kami tjah Ngambarsari pada khususnya dan sobat agan semuanya :




BINAHONG

Binahong
Binahong adalah tanaman obat dari daratan Tiongkok yang dikenal dengan nama asli Dheng San Chi. Tumbuhan ini telah dikenal memiliki kasiat penyembuhan yang luar biasa dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan dll.

Seluruh bagian tanaman menjalar ini berkasiat, mulai dari akar, batang dan daunnya. Pemanfaatanya bisa direbus atau dimakan sebagai lalapan untuk daunnya.Tanaman ini tumbuh merambat. Sering digunakan sebagai gendola atau gapura yang melingkar di atas jalan taman.Namun tanaman ini sebenarnya sudah lama ada di Indonesia dan biasa disebut gendola (Basella rubra Linn)

Kasiat Utama
  1. Mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi, melahirkan, khitan, segala luka-luka dalam, radang usus.
  2. Melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah.
  3. Mencegah stroke, maag, asam urat.
  4. Menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh.
  5. Wazir (ambeien)
  6. Melancarkan buang air kecil, buang air besar.
  7. Diabetes dll.

Kasiat Tambahan :
  1. Sariawan berat.
  2. Pusing-pusing.
  3. Sakit perut.
obat batuk atau muntah darah, radang paru-paru, kencing manis, sesak nafas, borok akut yang menahun, darah rendah, radang ginjal, gejala liver, disentri, hidung mimisan, habis bedah operasi, luka bakar, luka akibat benda tajam, jerawat, usus bengkak, gusi berdarah, kurang nafsu makan, melancarkan haid, haid habis bersalin (melahirkan), menjaga stamina tubuh agar tetap sehat, penghangat badan, dan lemah syahwat (Anonim, 2008), juga antibakteri (Nurul dan Annisa, 2007).

Cara swamedikasi paling mudah memanfaatkan binahong adalah dengan merebusnya atau sebagai campuran saat memasak mi instan dan dimakan langsung sebagai lalapan. Tentu saja, terlebih dulu binahong dicuci bersih di air yang mengalir.
Untuk pemakaian dalam : ambil rhizoma (umbi) secukupnya, dicuci bersih, kemudian direbus, setelah dingin disaring dan diminum 2-3 kali sehari, Cara ini untuk menyembuhkan luka bekas operasi, maag, typus, disentri, kesegaran jasmani (tambah telur dan madu), mencegah stroke, asam urat dan sakit pinggang. Namun dapat pula umbinya dikeringkan, lalu ditumbuk halus, kemudian dimasukkan dalam kapsul 0,5 mh dan diminum 3 kali sehari.

Untuk pemakaian luar, daun dan batang ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Bahan ini untuk menyembuhkan memar karena terpukul, kena api (panas), rheumatik, pegal linu, nyeri urat, menghaluskan kulit. 
Umbi dicampur bahan lain dengan cara direbus bersama daun sirih, temulawak dengan perbandingan ganjil: 7, 9, 13 untuk penyembuhan pembengkakan jantung, pembengkakan lever, kencing manis, kerusakan ginjal dan radang usus besar.

Agar bekas operasi caesar cepat kering, ambil akar binahong yang batangnya merah sebanyak 15 gram. Setelah dicuci bersih, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum selagi hangat. Anda bisa menambahkan sedikit sereh atau gula batu bila suka.
Kategori Penyakit Berat
  • batuk/ muntah darah: 10 lembar daun/hari
  • paru-paru bolong : 10 lmbr/hari
  • kencing manis : 11 lbr/hari
  • sesak nafas : 7 lbr/hr
  • borok akut menahun : 12 lbr/hr
  • ptah tulang : 20 lbr / hr
  • darah rendah : 8 lbr/hr
  • radang ginjal : 7 lbr /hari
  • gatal2/eksim kulit : 9 lbr/hr
  • gegar otak : 15 lbr/hr
  • gejala liver : 10 lbr /hr
Waktu penyembuhan 1 – 6 bulan. Sehingga  dibutuhkan kesabaran, dapat dengan direbus dan airnya diminum atau langsung dikunyah.

Kategori Penyakit Ringan:
Disentri , ambeien, hidung mimisan, habis operasi, luka bakar, luka akibat kecelakaan, jerawat, usus bengkak, gusi berdarah, kurang nafsu makan, melancarkan haid, habis bersalin, menjaga stamina tubuh, penghangat badan, sakit maag, melancarkan peredaran darah, lemah syahwat.
Untuk kategori penyakit ringan ini hanya memerlukan waktu beberapa hari hingga minggu, rata-rata 5-15 lembar/hari.

SIRIH MERAH
.

Sirih merah atau bahasa Latinnya Piper crocatum, kini hadir tidak hanya sebagai tanaman hias, tapi juga tanaman herbal sirih merah tradisional penderita kencing manis (diabetes mellitus - DM). Ciri khas tanaman tropis ini yang bisa dijadikan teh sirih, berbatang bulat hijau keunguan dan tidak berbunga. Daunnya sebagai produksi teh merah bertangkai membentuk jantung hati dan bagian atasnya meruncing. Permukaan daun sirih merah mengkilap dan tidak merata. Seperti sirih hijau, tanaman teh sirih merah juga tumbuh merambat di pagar atau pohon. 
Daunnya berasa pahit getar, namun beraroma lebih wangi dibanding sirih hijau. Bila disobek, daun sirih merah akan berlendir.Tanaman sirih merah menyukai tempat teduh, berhawa sejuk dan sinar matahari 60-75 persen. Tanaman sirih merah tumbuh subur dan bagus di daerah pegunungan. Bila tumbuh pada daerah panas, sinar matahari langsung, batangnya cepat mengering. Selain itu, warna merah daunnya akan pudar. Padahal kemungkinan khasiatnya terletak pada senyawa kimia yang terkandung dalam warna merah daunnya.
Ramuan sirih merah, tunggal atau campuran 
Untuk meramu daun sirih merah, menurut herbalis Bambang Sadewo, dapat secara tunggal atau dicampur dengan tanaman obat lain. Berikut beberapa contoh ramuan daun sirih merah untuk beragam gangguan yang sering dipakasi sebagai swamedikasi tanaman obat keluarga kita:

1. Jantung
Ramuan tunggal:
-    Ambil daun sirih berukuran sedang sebanyak 3-4 lembar atau ukuran kecil 6-8 lembar. Cuci bersih, kemudian diiris kecil-kecil. Rebus dengan air sebanyak 4 gelas (800 ml) sampai mendidih dan tersisa 2 gelas, lalu saring. Ramuan ini diminum selagi hangat, dua kali sehari sebelum makan. Sekali minum satu gelas.
Ramuan dengan tanaman obat lain:
-    Siapkan daun sirih merah ukuran sedang sebanyak 3-4 lembar, daun asam 30 gram, belimbing sayur 2 buah, umbi dea kering 3 gram dan daun gingseng 4 lembar. Semua bahan dicuci bersih, diiris kecil-kecil, lalu direbus dengan tiga gelas air (600 ml) hingga tersisa 1,5 gelas. Ramuan ini diminum tiga kali sehari selagi hangat. Bisa ditambah satu sendok teh madu. Sekali minum setengah gelas.

2. Diabetes
Ramuan tunggal:
-    Petik tiga lembar daun sirih merah setengah tua dan daun keenam atau ketujuh dari pucuk. Cuci bersih semua daun, kemudian iris kecil-kecil. Rebus dengan air sebanyak tiga gelas (600 ml) sampai mendidih dan tersisa 1,5 gelas. Minum sehari tiga kali sebelum makan, sekali minum setengah gelas.
Ramuan dengan tanaman obat lain:
-    Ambil tiga lembar sirih merah ukuran sedang, 40 gram kulit kayu gayam yang sudah dibersihkan bagian luarnya, dan 30 gram kulit kayu jamblang kering. Bahan-bahan ini diseduh dengan 2 gelas (400 ml) air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring, minum sehari dua kali tiap pagi dan sore hari sebelum makan. Sekali minum setengah gelas.

3. Organ mulut
-    Daun sirih segar sebanyak 5 lembar, dicuci dan direbus dengan dua gelas (400 ml) sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Dinginkan, dan pakai untuk obat kumur tiga kali sehari.
Catatan: Ramuan ini sangat baik untuk mengobati gusi berdarah, sariawan, gigi berlubang, bau mulut, dan radang tenggorokan.

4. Batuk atau penambah nafsu makan
-    Siapkan daun sirih merah yang tidak terlalu tua sebanyak 10 lembar, cuci, kemudian rendam dalam alkohol 70 persen selama 30 menit agar bakteri yang menempel pada daun mati. Daun sirih merah ditambah gula putih 100 gram direbus dengan air 4 gelas (800 ml) sampai mendidih dan tersisa satu gelas. Setelah dingin, tuangkan ke dalam botol yang bersih dan steril. Ramuan ini bisa diminum tiga kali sehari, sekali minum satu sendok makan.

5. Organ kewanitaan
-    Daun sirih merah tua sebanyak 8 lembar dicuci bersih, kemudian diiris-iris selebar 1 cm. Rebus dengan air 800 ml sampai mendidih. Setelah dingin, dipakai untuk membersihkan organ kewanitaan dua kali sehari.

6. Radang mata
-    Ambil daun sirih merah yang agak muda (daun kelima dari pucuk) sebanyak 4 lembar, cuci bersih. Rebus dengan air dua gelas hingga mendidih dan tersisa satu gelas. Setelah dingin, air tersebut digunakan untuk merendam mata yang sakit.

Cara pemakaian: Mata dibersihkan (cuci muka) kemudian direndam dengan air rebusan sirih merah secukupnya menggunakan gelas khusus. Gunakan tidak lebih dari tiga kali sehari agar tidak terjadi iritasi pada lapisan mata.
Catatan: Sebelum digunakan, sebaiknya air rebusan diendapkan dulu. Gunakan air rebusan yang bening agar tidak terjadi iritasi pada mata.

LENGKUAS
.



Lengkuas atau laos (Alpinia galanga) adalah rempah-rempah populer dalam tradisi boga dan pengobatan tradisional Indonesia maupun daerah Asia Tenggara lainnya. Bagian yang dimanfaatkan adalah rimpangnya yang beraroma khas. Pemanfaatan lengkuas biasanya dengan mememarkan rimpang kemudian dicelupkan begitu saja ke dalam campuran masakan.


Khasiat lengkuas
Lengkuas yang biasanya digunakan untuk pengobatan swamedikasi tanaman obat keeluarga adalah jenis lengkuas merah (Alpinia purpurata K Schum).
Berdasarkan berbagai literatur tentang pengalaman turun-temurun dari berbagai daerah dan negara, lengkuas merah dapat mengobati penyakit-penyakit seperti gangguan perut (kembung, sebah), panu, kurap, eksema, bercak-bercak kulit dan tahi lalat (sproeten), Untuk mengobati gangguan perut, lengkuas merah sebesar satu jari diiris tipis-tipis, rebus dengan tiga gelas air hingga menjadi dua gelas. 

Minum satu gelas pagi dan sore sebelum makan. Sebagai obat panu, ambil rimpang segar satu jari, potong miring, ujung dipukul-pukul hingga seperti kuas, dan gosokkan pada panu. Untuk mengobati kurap, giling hingga halus rimpang lengkuas empat jari dan bawang putih satu buah. Tambahkan satu sendok cuka, panaskan, dan oleskan pada bagian tubuh yang terkena kurap.

Obat Gosok

Komposisi :
Rimpah Lengkuas dan Alkohol
Cara menyajikan :
Iris rimpang lengkuas, rendam dalam alcohol
Pengobatan :
Digosokan pada daerah yang sakit

Rematik
Cara Pertama :

Komposisi :
Rimpah Lengkuas secukupnya.
Cara menyajikan :
Cuci bersih rimpang lengkuas, lalu rebus
Pengobatan:
Siramkan air rebusannya pada saat masih hangat ke persendian yang terasa sakit.
Cara Kedua :
Komposisi :
3 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, setengah sendok teh bubuk merica, 1 potong gula merah dan 2 gelas air santan kelapa.
Cara menyajikan :
direbus bersama-sama hingga airnya tinggal 1 gelas
Pengobatan:
Diminum sedikit demi sedikit selama 1 minggu.

Sakit Kepala, Nyeri dada, Menguatkan Lambung dan Memperbaiki Pencernaan

Cara membuat:
Dengan mengkomsusinya sebagai campuran masakan sehari-hari.

Kurap


Komposisi :
1 Rimpah Lengkuas , 4 siung Bawang Putih dan cuka secukupnya 


Cara menyajikan :
Giling semua bahan sampai halus kemdian diberi air panas sedikit 


Cara Menggunakan :
di kompreskan di tempat yang sakit.

Panu


Komposisi :
Rimpah Lengkuas segar. 


Cara menyajikan :
dirajang menyamping agar keluar seratnya 


Cara Menggunakan :
Digosokkan pada yang sakit.

ROSELLA 
..










Beberapa khasiat teh Rosella :

1. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi, kolesterol, batuk, panas dalam, ambien.
2. Melancarkan peredaran darah, melancarkan kencing, buang air besar, memperbaiki saluran kencing dan ginjal.
3. Menurunkan kadar gula dalam darah/diabetes
4. Menurunkan asam urat.
5. Mencegah kanker
6. Menambah vitalitas dan kesehatan jantung.
7. Meningkatkan daya tahan tubuh
8. Membantu kesehatan mata
9. Pengganti cairan elektrolit tubuh
10. Mengontrol berat badan untuk program diet, memperbaiki pencernaan dan mencerahkan kulit
11. Mencegah penuaan dini
12. Menetralkan racun
13. Menurunkan tingkat penggumpalan lemak di hati
14. Mengurangi pusing dan migraine
15. Bagi anak-anak, mempercepat pertumbuhan otak karena mengandung omega-3 dan memacu pertumbuhan DNA.
16. Melindungi dari infeksi kuman, anti bakteri, anti virus dan mengobati keracunan

Cara minum :
Campurkan 3-5 kelopak bunga Rosella yang telah dicuci bersih dalam air panas. Diamkan sekitar 5 menit untuk memberikan citra rasa, aroma dan warna khas bunga Rosella. Untuk penderita maag, komposisi air harus lebih banyak dan diminum setelah makan.
SERAI
..
Nama ilmiah : Cymbopogon nardus
Nama daerah : sereh, sere (Jawa), sarai, sorai, sange-sange (Sumatera); belangkak, senggalau, salai, (Kalimantan); see, nau sina, bu muke (Nusa Tenggara); tonti, sare (Sulawesi); hisa, isa (Maluku)
Khasiat untuk pengobatan :
  1. Badan terasa pegal. Siapkanlah 600 g batang serai segar berikut akar. Rebus dengan air. Air rebusan digunakan untuk mandi. Mandilah saat air masih hangat.
  2. Obat batuk. Siapkan 600 g serai segar dan keringkan. Setelah itu, rebuslah dengan air secukupnya. Minum air rebusan serai ini.
Itulah beberapa tanaman obat yang bisa Kumpulan Tjah Ngambarsari infokan, semoga menjadi swamedikasi yang berguna buat sobat agan dan tjah ngambarsari. Kunjungi juga Artikel menarik blog kami dalam  Cara Cepat mengetahui Mutu gabah pada postingan berikutnya. Terima kasih.

Diposke by Ibonk & Team Ngambarsari dengan disadur dari argomulya.com



Description: SWAMEDIKASI TANAMAN OBAT KELUARGA Rating: 5.0 Reviewer: Al Azzam Wibowo ItemReviewed: SWAMEDIKASI TANAMAN OBAT KELUARGA

Baca ini juga :

Monggo Dikomen Ngangge Facebook Sampeyan :


0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...